ANALISIS PENERAPAN PSAK NO. 109 TENTANG AKUNTANSI ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH PADA YAYASAN DOMPET UMMAT PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Deddy B1031131123 Setiawan

Abstract


ABSTRAK

Organisasi pengelola zakat, infaq dan sedekah adalah salah satu lembaga perekonomian Islam. Sudah seharusnya organisasi pengelola zakat, infaq dan sedekah melakukan penerapan PSAK No. 109 dalam membuat laporan keuangannya. Namun, pada kenyataannya masih banyak organisasi pengelola zakat, infaq dan sedekah yang belum menerapkan PSAK No. 109 tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi zakat, infaq dan sedekah yang dilakukan oleh Yayasan Dompet Ummat apakah telah sesuai dengan PSAK No. 109 terkait pengakuan, pengukuran, pengungkapan, dan penyajian transaksi zakat, infaq dan sedekah.

Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis kualitatif (deskriftif). Data yang dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Kemudian data yang dikumpulkan akan di analisis kesesuaiannya dengan PSAK No. 109  tentang akuntansi zakat, infaq dan sedekah. Penelitian ini diperoleh penulis dari kantor Yayasan Dompet Ummat kalimantan Barat.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengakuan, pengukuran, pengungkapan dana zakat, infaq dan sedekah telah sesuai dengan PSAK No. 109. Sedangkan dalam penyajian laporan keuangan Yayasan Dompet Ummat Kalimantan Barat hanya menyajikan laporan keuangan berupa neraca, laporan sumber dan penggunaan dana. Dapat disimpulkan bahwa Yayasan Dompet Ummat Kalimantan Barat telah menerapkan PSAK No. 109.

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Akuntansi Zakat, Infaq dan Sedekah, PSAK No. 109, Yayasan Dompet Ummat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]