PENGARUH PEMAHAMAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DENGAN PELAKSANAAN PROGRAM TAHUN PEMBINAAN WAJIB PAJAK (TPWP) 2015 SEBAGAI VARIABEL MODERETING (STUDI KASUS PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA PONTIANAK)

Farah B1031131035 Muawwizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pemahaman dan kepatuhan wajib pajak dengan penerimaan pajak. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh program tahun pembinaan wajib pajak (TPWP) yang berperan sebagai variabel moderating pada hubungan antara pemahaman dan kepatuahan wajib pajak dengan penerimaan pajak .

Penelitian ini dilakukan dengan metode simple random sampling dengan sebanyak 100 responden dari wajib pajak orang pribadi daerah Pontianak. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner dan data sekunder melalui laporan penerimaan pajak dari tahun 2009 hingga 2015. Penelitian ini menganalisis data menggunakan uji validitas dan realibilitas, uji deskriptif, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda dan regresi moderasi menggunakan IBM SPSS 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemahaman wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak. Demikian juga dengan pengaruh TPWP terhadap hubungan antara pemahaman wajib pajak dengan penerimaan pajak berpengaruh signifikan dan dapat memoderasi hubungan antara kedua variabel tersebut. Akan tetapi untuk kepatuhan wajib pajak berpengaruh tidak signifikan terhadap penerimaan pajak. Hal tersebut juga terjadi pada pengaruh TPWP terhadap hubungan antara kepatuhan wajib pajak dengan penerimaan pajak berpengaruh tidak signifikan dan tidak dapat memoderasi hubungan antara kedua variabel tersebut.

 

Kata kunci: Pemahaman Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, TPWP 2015, penerimaan pajak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.