Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Pada Toko Kue Bingke Khatulistiwa
Abstract
ABSTRAK
Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Pada Toko Kue Bingke Khatulistiwa
Oleh Risky Ulandari
Kemajuan teknologi telah mengubah secara dramatis sistem manajemen perusahaan. Perusahaan harus membuat sistem pengukuran yang baik dari metode tradisional. Pengukuran yang lebih baik digunakan yakni Balance Scorecard. Balance Scorecard mempunyai empat metode sebagai alat pengukuran, keuangan, pelanggan, bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan.
Objek penelitian ini adalah Toko Kue Bingke Khatulistiwa. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan data keuangan sebagai data utama. Hasil penelitian dengan menggunakan konsep balance scorecard menunjukkan bahwa kinerja keuangan Toko Kue Bingke Khatulistiwa lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Kinerja kepuasan pelanggan Toko Kue Bingke Khatulistiwa, menunjukkan nilai kepuasan yang baik untuk kue yang ditawarkan, citra perusahaan, dan hubungan. Sedangkan untuk kinerja proses bisnis internal menunjukkan hasil yang baik pada proses inovasi, operasi, dan pelayanan purna jual. Kinerja Toko Kue Bingke Khatulistiwa secara keseluruhan bisa dianggap bagus. Manajemen yang baik adalah alasan Toko Kue Bingke Khatulistiwa mampu meningkatkan kinerjanya agar sesuai visi dan misi perusahaan.
Kata kunci: Balanced scorecard, Pengukuran Kinerja Perusahaan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)
Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)
Phone : (0561) 785342, 583865
Email : [email protected]