PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2015)

FITRI RAHMAWATI HERYANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance seperti ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan dispersion of ownership terhadap kinerja keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur subsector industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013, 2014, 2015. Metode sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Perusahaan yang dijadikan sampel ada 13 perusahaan dengan jumlah total sampel 37 data. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran dewan komisaris dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang menunjukkan hasil tidak sesuai dengan hipotesis, sedangkan variabel lainnya menunjukkan hasil yang sesuai dengan hipotesis. Variabel ukuran dewan direksi, kepemilikan institusional, dan dispersion of ownership memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Secara simultan penelitian ini menyatakan bahwa ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan dispersion of ownership berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Kata kunci: mekanisme tata kelola perusahaan, ukuran dewan komisaris,ukuran dewan direksi, struktur kepemilikan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dispersion of ownership.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.