PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA PT. PLN (Persero) PONTIANAK

Hendi B51112194 Winata

Abstract


Lingkungan merupakan tempat dimana manusia hidup dan berkembang, dalam lingkungan juga terdapat berbagai macam tumbuhan dan binatang yang hidupnya berdampingan dengan manusia, dalam perkembangannya kini manusia tak dapat dipisahkan dari lingkungan dimana ia tinggal berdampingan dengan mahluk lain.

Akuntansi lingkungan secara spesifik mendefinisikan dan menggabungkan semua biaya lingkungan ke dalam laporan keuangan perusahaan. Bila biaya-biaya tersebut secara jelas teridentifikasi, perusahaan akan cendrung mengambil keuntungan dari peluang-peluang untuk mengurangi dampak lingkungan.

Tujuan akuntansi lingkungan adalah untuk meningkatkan jumlah informasi relevan yang dibuat bagiĀ  mereka yang memerlukan atau dapat menggunakannya, keberhasilan akuntansi lingkungan tidak hanya bergantung pada ketetapan dalam penggolongan semua biaya-biaya yang dibuat perusahaan. Akan tetapi kemampuan dan keakuratan data akuntansi perusahaan dalam menekan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari aktivitas perusahaan.

Kata kunci : akuntansi lingkungan, sistem sosial perusahaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.