ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013 – 2015

Desta Dawan Tirta B41112021

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yangmempengaruhi profitabilitas perusahaan atau return on assets (ROA). Variabel independen yang digunakan adalah ukuran perusahaan danleverage.Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftardi Bursa Efek Indonesia Jumlah perusahaan yang diambil sebagai sampel adalah 22 perusahaan pada tahun 2013-2015 dengan jumlah total sampel 66 data. Pengujian hipotesisdengan menggunakan metode analisis regresi berganda.

 

Berdasarkan hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa variabel ukuran perusahaan tidakmempunyai pengaruh yang signifikanterhadap return on assets (ROA),hal ini ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,575 lebih besardari 0,05. Dan untuk variabel Leverage berpengaruh secara signifikanterhadap return on assets (ROA) dengan nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05. Hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil daripada nilai alpha 0,05. Jadi ukuran perusahaan dan leveragesecara simultan berpengaruh terhadapreturn on assets (ROA).

 

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Return On Assets (ROA)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.