ANALISIS HARGA POKOK PENJUALAN (COST OF GOOD SOLD) DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK PADA UMKM KERIPIK PISANG FW KUBU RAYA

KHAIRUNNISA B1031131017

Abstract


ABSTRACT

The objective of this study is to determine the cost of sales of banana chips at UMKM Keripik Pisang FW Kubu Raya using full costing calculation, variable costing, and break even point analysis. The three calculations are as internal control for the company in controlling the company's management to run effectively and in order to maintain the company's survival.

The method of analysis used in this research is descriptive qualitative research method that provides an overview of a state, phenomenon or phenomenon that occurs and the method of quantitative descriptive analysis is a decision-based analysis on the objective assessment based on the mathematical model created. The data studied is data about the costs that occur on the banana chips unit.

The results of research showed that from the calculation of the cost of selling banana chips using full costing method and variable costing method when compared with cost of goods sold used by the company, full costing method gives bigger result for cost of goods sold per unit (kg) of chips Bananas, which is Rp 81,150.00. While the cost of sales per unit (kg) banana chips using variable costing method, that is Rp 63.150,00 and calculation by company is Rp 60.000,00. Then by using the break even point analysis, the location of BEP on the company based on the amount of goods produced by 18 units (kg) and based on the total selling price of its products amounted to Rp 1,090,909,091.The conclusion of the researcher suggesting that UMKM Keripik Pisang FW Kubu Raya should identify all the costs included in the manufacture of banana chips to fit the costs incurred during the production activities and the company can minimize the costs used in production activities in order to obtain customized price considerations at market prices.

 

Keywords: Full Costing, Variable Costing, Break Even Point, Cost of Goods
                   Sold, Price

 

 

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga pokok penjualan keripik pisang pada UMKM Keripik Pisang FW Kubu Raya dengan menggunakan perhitungan full costing, variable costing, dan analisis break even point. Ketiga perhitungan tersebut adalah sebagai pengendalian internal bagi perusahaan dalam mengendalikan manajemen perusahaan agar berjalan dengan efektif dan demi menjaga kelangsungan hidup perusahaan.

Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran mengenai suatu keadaan, gejala atau fenomena yang terjadi dan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu analisis yang berdasarkan keputusan pada penilaian obyektif yang didasarkan pada model matematika yang dibuat. Data yang diteliti adalah data mengenai biaya yang terjadi pada unit keripik pisang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan harga pokok penjualan keripik pisang dengan menggunakan metode full costing dan metode variable costing apabila dibandingkan dengan harga pokok penjualan yang digunakan oleh perusahaan, maka metode full costing memberikan hasil yang lebih besar untuk harga pokok penjualan per unit (kg) keripik pisang, yaitu sebesar Rp 81.150,00. Sedangkan harga pokok penjualan per unit (kg) keripik pisang dengan menggunakan metode variable costing, yaitu sebesar Rp 63.150,00 dan perhitungan menurut perusahaan adalah sebesar Rp 60.000,00. Kemudian dengan menggunakan analisis break even point, letak titik impas pada perusahaan berdasarkan jumlah barang yang diproduksi sebesar 18 unit (kg) dan berdasarkan total harga penjualan produknya sebesar Rp 1.090.909,091.

Dari kesimpulan yang ada peneliti memberikan saran agar UMKM Keripik Pisang FW Kubu Raya sebaiknya harus mengidentifikasikan semua biaya yang termasuk dalam pembuatan keripik pisang agar sesuai dengan biaya yang dikeluarkan selama kegiatan produksi dan perusahaan dapat meminimalisasikan biaya yang digunakan dalam kegiatan peroduksi agar diperoleh pertimbangan harga yang disesuaikan dengan harga pasar.

 

Kata kunci : Full Costing, Variable Costing, Break Even Point, Harga Pokok

                      Pejualan, Harga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.