ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PERUMAHAN TIPE 36 PADA PT. ARWANA ALAM SEJAHTERA

MELY B1031131022 NURSITA SARI

Abstract


ABSTRAK

 

PT. Arwana merupakan perusahaan swasta yang bergerak di industri property di Pontianak. Penentuan harga pokok produksi pada PT. Arwana menggunakan metode tradisional yang dalam prakteknya belum sepenuhnya sesuai dengan metode akuntansi yang benar. Peneliti ingin membandingkan penentuan harga pokok produksi antara metode tradisional dengan metode Full Costing.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus pada PT. Arwana Alam Sejahtera. Peneliti menganalisis dan mengobservasi biaya-biaya pada PT. Arwana Alam Sejahtera. Peneliti ingin mengetahui bagaimana penentuan harga pokok produksi oleh PT. Arwana Alam Sejahtera dan mengetahui perbandingan harga pokok produksi metode tradisional dengan metode Full Costing.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penentuan harga pokok produksi pada perusahaan tidak memperhitungkan biaya overhead. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan perusahaan bias mendapatkan laba bersih yang lebih tinggi jika menggunakan metode Full Costing.

 

Kata kunci : Full Costing, Harga Pokok Produksi, Biaya Overhead Tetap, Biaya Overhead Variabel, Laba Rugi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.