PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM PENENTUAN TARIF BILLING PADA PLATINUM E-SPORT ARENA PONTIANAK

AHMAD B1031131082 JUNIANSAH

Abstract


ABSTRAK

 

Dalam perhitungan biaya sewa internet kebanyakan Warnet masih menggunakan sistem biaya tradisional. Padahal perhitungan biaya sewa internet sangat penting, karena berkaitan dengan penentuan harga pokok jasa sewa internet, yang pada akhirnya akan mempengaruhi penentuan harga jual atau tarif sewa internet. Alternatif yang dapat digunakan untuk menghitung biaya produk atau jasa adalah dengan menggunakan Activity-Based Costing system(ABCS).

 

Untuk mengatasi distorsi pada akuntansi tradisional Activity-Based Costing system (ABCS) merupakan suatu sistem kalkulasi biaya yang pertama kali menelusuri biaya semua aktivitas dan kemudian keproduk yang dinilai dapat mengukur secara cermat biaya-biaya yang keluar dari setiap aktivitas.

 

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu dengan menggunakan jenis penelitian deskriftif dengan menggambarkan atau melukiskan suatu fenomena dengan jalan mendeskripsikan objek penelitian yang berkenaan dengan masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan tarif rawat inap dengan menggunakan metode ABC, apabila dibandingkan dengan metode tradisional maka metode ABC memberikan hasil yang lebih besar kecuali pada kelas VIP yang memberikan hasil lebih kecil. Hal ini disebabkan karena pembebanan biaya overhead pada masing-masing produk lebih rinci dengan menggunakan driver .

 

Kata kunci :ABC, Cost driver, Aktivitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.