Penerapan Sistem Activity Based Costing Dalam Menentukan Tarif Kamar Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak

Muhammad Iman B41112140 Abdurrohman Fajri

Abstract


PENERAPAN SISTEM ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN TARIF KAMAR HOTEL ORCHARDZ GAJAH MADA PONTIANAK

Muhammad ImanAbdurrohmanFajri

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang bagaimana menggunakan metode sistem Activity Based Costing untuk menentukan tarif kamar hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak pada masing-masing kelas kamar. Diharapkan dapat dijadikan acuan oleh pihak manajemen Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak, juga sebagai pembanding tarif kamar hotel yang telah di tetapkan selama ini menggunakan metode Akuntansi Tradisional, serta menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam menentukan tarif kamar hotel kedepannya agar mampu bersaing di pasar perhotelan Pontianak, dengan tarif kamar yang terjangkau tanpa harus mengurangi keuntungan, dimana tujuan perusahaan adalah mendapatkan laba setinggi-tingginya.

Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu analisis tarif sewa kamar hotel saat ini, kemudian menetapkan metode biaya berdasarkan sistem Activity Based Costing, kemudian membandingkan tarif sewa kamar hotel berdasarkan Activity Based Costing dengan realisasinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan tarif sewa kamar hotel dengan menggunakan sistem Activity Based Costing, apabila dibandingkan dengan tarif yang digunakan oleh pihak manajemen hotel maka sistem Activity Based Costing memberikan hasil yang lebih kecil untuk Kelas Executive, Deluxe, Superior, dan Standard, sedangkan Premiere Suite memberikan hasil yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena pembebanan biaya overhead ke masing-masing produk. Pada sistem Activity Based Costing, biaya overhead pada masing-masing produk dibebankan pada banyak cost driver. Sehingga sistem Activity Based Costing mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap kamar secara tepat berdasarkan konsumsi masing-masing aktivitasnya.

Kata Kunci: Activity Based Costing, Penerapan Metode Sistem Activity Based Costing Pada Penentuan Tarif Kamar Hotel


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]