ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORTING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

CHINTYA B1031131014 YUSTIA

Abstract


Sustainability Reporting merupakan laporan berkelanjutan perusahaan untuk menginformasikan perihal kinerja ekonomi, sosial, dan lingkungan kepada pihak yang berkepentingan (stakeholders). Pengungkapan sustainability reporting dipengaruhi oleh berbagai faktor namun penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu likuiditas yang diukur dengan current ratio (CR) dan profitabilitas yang diukur dengan return on equity (ROE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap pengungkapan sustainability reporting.

Populasi dari penelitian ini adalah 30 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2015. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen yaitu likuiditas dan profitabilitas, dan variabel dependen yaitu sustainability reporting. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda, serta teknik pengujian data yang telah dilakukan ialah menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas dan profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan sustainability reporting. Ditunjukan dengan nilai signifikan lebih tinggi dari tingkat signifikan, yaitu likuiditas (CR) sebesar 15,4% dan profitabilitas (ROE) sebesar 90,2%, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 8,2%.

 

Kata Kunci : Sustainability Reporting, Likuiditas, Profitabilitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.