RETORIKA DALAM PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN : ANALISIS SEMIOTIK ATAS ANNUAL REPORT PT TIMAH TBK

Oktaviani B1031131090

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami annual report PT Timah Tbk yang telah terintegrasi (integrated report) dengan menjawab pertanyaan penelitian tentang bagaimana aspek retorika dan aspek semiotik yang terbagi menjadi tiga tataran yaitu aspek semantik, sintaktik, dan pragmatik pada integrated report PT Timah Tbk.

Paradigma interpretive dan analisis semiotik merupakan pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini. Integrated annual report PT Timah Tbk tahun 2013, 2014, dan 2015 dijadikan sebagai data pada penelitian ini. Data tersebut diperoleh melalui website resmi perusahaan.

Dengan menggunakan pendekatan analisis semiotik, penelitian ini menunjukkan bahwa aspek semiotik yang terdiri dari aspek semantik, sintaktik, dan pragmatik tertuang dalam setiap poin yang terdapat pada pelaporan yang dilakukan perusahaan melalui integrated annual report PT Timah Tbk. Penerapan integrated annual report PT Timah Tbk mulai dari tahun 2010 ini juga dibentuk perusahaan sebagai sebuah cerita retorik untuk membangun citra positif. Aspek retorika yang tertuang dalam integrated annual report perusahaan digunakan untuk memperoleh legitimasi dari para stakeholdernya.

Kata kunci: retorika, integrated reporting, semiotik, semantik, sintaktik, pragmatik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.