PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) WOOFT KONVEKSI

MUHAMMAD ZIDNI ILMAN RIADI B51112091

Abstract


Melihat besarnya jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  mencerminkan besarnya potensi yang dapat di tingkatkan dan di kembangkan untuk dapat lebih berkontribusi di negri ini. Upaya - upaya pemerintah  dalam mendorong kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti menyediakan Kredit usaha Rakyat (KUR), kemudahan  dalam pengurusan legalitas pelaku usaha. Pihak – pihak yang memiliki kepentingan terhadap perkembangan suatu entitas sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan suatu entitas yang  tercermin dalam  laporan keuangan nya. Maka dari itu, sangat di perlukan sebuah laporan keuangan.

Terkait dengan hal tersebut, Dewan Standar Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK  IAI) telah menerbitkan Exposure Draft Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah ( ED SAK EMKM) ini di tujukan untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan SAK EMKM pada UMKM Wooft Konveksi dan mengetahui kendala apa yang dihadapi dalam penerapan SAK EMKM pada UMKM Wooft Konveksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode yang berusaha memberikan gambaran mengenai data berdasarkan fakta-fakta yang didapat peneliti.

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa UMKM Woof Konveksi belum menerapkan standar akuntansi keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Kendala – kendala yang dihadapai adalah terbatasnya sumber daya manusia yang ada dan kurangnya pemahaman sumber daya manusia yang dimiliki akan kaidah penyajian laporan keuangan berbasis SAK EMKM. Dari penelitian ini diharapkan UMKM dapat meningkatkan kemampuan para karyawannya dari segi mengolah pembukuan secara internal. Sehingga nantinya akan lebih mudah dalam memahami penerapan laporan keuangan berbasis SAK EMKM.

Kata Kunci: UMKM, Laporan Keuangan, DSAK IAI, ED SAK EMKM, SAK EMKM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.