Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal di Provinsi Kalimantan Barat tahun 2011-2014

Vina Annifa B1031131007

Abstract


ABSTRAK

Peningkatan alokasi belanja modal sangat penting untuk meningkatkan produktivitas perekonomian karena semakin tinggi belanja modal, semakin tinggi pula produktivitas perekonomian. Pada penelitian ini telah dilakukan analisis variabel-variabel yang mempengaruhi pengalokasian anggaran belanja modal khususnya di Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2011 s.d 2014.

Beberapa variabel yang diambil adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Teknik analisis data yang telah dilakukan yaitu menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari empat (4) uji, yaitu: (1) Uji normalitas; (2) Uji multikolonieritas; (3) Uji heterokedastisitas; dan (4) Uji autokorelasi. Hasil analisis yang diperoleh dari setiap uji tersebut adalah data yang berdistribusi normal, tidak terjadi multikolonieritas, tidak terjadi heterokedastisitas dan tidak terjadi autokorelasi. Hal ini membuktikan bahwa variabel PAD dan DAU lolos uji asumsi klasik sehingga dapat dilanjutkan ke uji selanjutnya yaitu uji hipotesis.

Terdapat empat (4) uji pada uji hipotesis, yaitu: (1) Uji analisis regresi linier berganda; (2) Uji koefisien determinasi; (3) Uji Koefisien Regresi secara bersama-sama (Uji F); dan (4) Uji Koefisien Regresi secara Parsial (Uji t). Dengan menggunakan persentase signifikansi 5% untuk setiap uji hipotesis tersebut diperoleh nilai signifikansi pada hasil regresi sebesar 0,000 nilai ini jauh lebih rendah dibandingkan 0,05 dan nilai thitung 6,019 > ttabel 2,00958. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi PAD maka belanja modal semakin meningkat. Untuk nilai thitung 7.365 > ttabel 2.00958 menunjukkan bahwa semakin tinggi DAU maka belanja modal juga semakin meningkat. Selain itu juga diperoleh hasil Ftabel sebesar 3,19 dan Fhitung sebesar 80,723 sehingga Fhitung > Ftabel yang berarti secara simultan seluruh variabel independen yaitu PAD dan DAU berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal.

 

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Belanja Modal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.