ANALISIS PENERAPAN SAK ETAP PADA LAPORAN KEUANGAN KOPERASI (STUDY KASUS PADA KPRI KIHAJAR DEWANTARA SUNGAI KAKAP)

Marfuaddin Ramdhani B51112058

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan laporan keuangan pada KPRI Kihajar Dewantara Sungai Kakap berdasarkan SAK ETAP dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP.

Penelitian ini menggunakan metode berupa studi kasus yang bersifat deskriptif kualititatif. Penelitian ini di lakukan melalui observasi langsung ke lokasi penelitian, wawancara dengan pihak yang terkait dengan penelitian terhadap dokumen yang menjadi pembahasan dalam penelitian di KPRI Kihajar Dewantara Sungai Kakap. Data di peroleh dalam bentuk buku  profil perusahaan, laporan keuangan, dan wawancara terkait penerapan SAK ETAP pada KPRI Kihajar Dewantara Sungai Kakap.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan KPRI Kihajar Dewantara Sungai Kakap hanya terdiri dari neraca dan penjelasan laba rugi, hal ini  belum sesuai dengan aturan penyusunan laporan keuangan yang diatur oleh SAK ETAP yakni yang terdiri dari laporan laba rugi, neraca, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Faktor-faktor yang menyebabkan KPRI Kihajar Dewantara Sungai Kakap belum menerapkan SAK ETAP dalam penyajian laporan keuangannya adalah terbatasnya informasi mengenai SAK ETAP, karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah mengenai aturan penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku bagi badan usaha koperasi.

Kata kunci: Laporan Keuangan, SAK ETAP, dan KPRI Kihajar Dewantara Sungai Kakap


Refbacks

  • There are currently no refbacks.