PENERAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) STUDI KASUS PADA KONVEKSI GOODS PROJECT BANDUNG

Rezta Alfira Firmadhani Nur B51112063

Abstract


Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. . Usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi negara,baik negara berkembang maupun negara maju. Upaya pemerintah dan perbankan untuk membantu UKM terus menerus dilakukan yaitu dengan memberikan dukungan fasilitas pembiayaan yaitu Program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi mengenai posisi keuangan perusahaan dan hasil usaha yang dicapai oleh suatu perusahaan. Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI telah ngesahkan exposure draft SAK EMKM pada tanggal 18 mei 2016 dan berlaku efektif 1 januari 2018. Standar ini dimaksudkan untuk digunakan oleh entitas tanpa akuntabilitas publik agar menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman UKM Konveksi Goods Project dalam memahami SAK EMKM, Penerapan SAK EMKM dalam penyajian laporan keuangan pada UKM Konveksi Goods Project sebagai standar dalam menyajikan laporan keuangan, dan kendala UKM Konveksi Goods Project menyajikan laporan keuangan sesuai SAK EMKM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM Konveksi Goods Project masih belum menerapkan SAK EMKM hanya mencatat jurnal penerimaan kas dan pengeluaran kas. Kendala UKM Goods Project dalam menyajikan laporan keuangan adalah kurangnya pemahaman dan sosialisasi mengenai SAK EMKM.

Kata kunci : UKM,Laporan Keuangan, SAK EMKM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]