PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KONVEKSI ASTRA BERDASARKAN SAK EMKM

THESAR JUNIARDI B1032131005

Abstract


Usaha kecil menengah diharuskan menyusun laporan keuangan yang berfungsi sebagai penyedia informasi mengenai kinerja maupun perubahan posisi keuangan yang bermanfaat bagi pemakai informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini ditujukan untuk usaha kecil menengah Konveksi ASTRA yang belum menerapkan penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan, maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penyusunan laporan keuangan pada Konveksi ASTRA berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menegah (SAK EMKM) serta kendala yang dihadapi dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, penelitian kepustakaan, observasi dan studi dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyusunan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) dapat diterapkan pada UKM Konveksi ASTRA. Kendala yang dihadapi Konveksi ASTRA dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM yaitu minimnya pengetahuan mengenai penyusunan laporan keuangan, tidak adanya pengawasan dari pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan.

Kata Kunci : Penyusunan Laporan Keuangan, SAK EMKM, UKM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.