Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah pada Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Barat. Dalam penelitian ini terdapat 6 bagian yaitu rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja, reviu dan evaluasi kinerja. Sampel penelitian ini adalah Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Barat yang ditentukan melalui observasi secara langsung dan wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan komperatif.
Hasil penelitian ini dari 7 program dan 84 kegiatan persentase rata – rata keseluruhannya sebesar 76.69%. Dan dari 84 kegiatan tersebut 52 diantaranya berada dalam kelas sangat baik dalam persentase 90 – 100%. Ini menunjukkan bahwa implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Barat sudah sepenuhnya terpenuhi karena penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Akuntansi Pemerintah (LAKIP) dalam setiap elemen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yaitu perencanaan strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja, reviu dan evaluasi kinerja telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014.
Kata Kunci : implementasi SAKIP, rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja, reviu dan evaluasi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)
Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)
Phone : (0561) 785342, 583865
Email : kiafe@untan.ac.id