ANALISIS PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012)

Irma Sukmawati B51106018

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prinsip-prinsip Good Corporate Governance yaitu kewajaran, transparansi, akuntabilitas dan responsibilitas dengan manajemen laba pada perusahaan BUMN yang go public.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, menggunakan metode dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang berjumlah 19 perusahaan. Data dianalisis dengan rumus korelasi. Sebelum data dianalisis perlu diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedasitas, menggunakan SPSS versi 18. Untuk menguji hipotesis menggunakan metode regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji statistik t.

Setelah data-data ini diuji maka hasil penelitian yang diperoleh adalah pengaruh negatif antara kewajaran dengan manajemen laba dengan t = -2,494 dan sig. = 0,026 berarti signifikan. Pengaruh negatif antara transparansi dengan manajemen laba dengan t = 0,191 dan sig = 0,825 berarti tidak signifikan. Pengaruh negatif antara akuntabilitas dengan manajemen laba dengan t = 0,006 dan sig = 0,995 berarti tidak signifikan. Pengaruh negatif antara responsibilitas dengan manajemen laba dengan t = -0,434 dan sig = 0,671 berarti tidak signifikan. Selanjutnya besarnya koefisien determinasi (R2) = 0,133 sumbangan efektif yang diberikan keempat variabel secara keseluruhan sebesar 13,33%.

 

Kata Kunci : Analisis Prinsip-prinsip Good Corporate Governance


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]