PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR PLASTIK DAN KEMASAN YANG TERDAFTAR DI BEI)

HENDRO SUFIANTO B51111045

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan industri plastik dan kemasan yang diukur dengan Return On Equity (ROE). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan industri plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011 – 2014.

Dalam penelitian ini, cara mengukur modal intelektual (intellectual capital) adalah dengan menggunakan model yang dibuat oleh pulic yaitu Value Added Intellectual Coefficient (VAIC). Model pulic  terdiri dari tiga komponen utama yakni Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU) dan Structural Capital Value Added (STVA). Penelitian ini menggunakan alat statistik bernama Statistical Product and service solution 21 (SPSS 21) untuk menguji pengaruh  antara variabel indenpenden terhadap variabel dependen kinerja keuangan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) VACA berpengaruh positif terhadap ROE. (2) VAHU berpengaruh positif terhadap ROE. (3) STVA berpengaruh posifit terhadap ROE. (4) VACA, VAHU dan STVA secara simultan berpengaruh terhadap ROE.

Kata kunci : Modal Intelektual, Return On Equity (ROE), Value Added Intellectual Coefficient (VAIC), Industri plastik dan kemasan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]