Penerapan Sistem Akuntansi Instansi Pada Satuan Kerja Universitas Tanjungpura

Maryati B51112161

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sistem Akuntansi Instansi (SAI) yang diterapkan pada Satuan Kerja Universitas Tanjungpura sudah sesuai dengan aturan yang ada dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.05/2007 dan untuk mengetahui mekanisme penyampaian laporan keuangan satker Universitas Tanjungpura sehingga terwujudnya penyampaian laporan keuangan yang tepat waktu.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu mengumpulkan data – data yang diperoleh kemudian menguraikan sifat-sifat dan keadaan sebenarnya dari objek penelitian yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Untuk memperoleh data yang digunakan penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan teknik dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer yaitu data yang diperoleh melalui pengamatan pada satuan kerja berupa prosedur SAI dan data sekunder yang diperoleh dari data yang terdokumentasi di satuan kerja.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) yang ada pada satker Universitas Tanjungpura telah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.05/2007 tentang sistem akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah pusat, hal tersebut , dapat dilihat dari peran masing – masing petugas SAI yang ada yaitu petugas Administrasi, Verifikator, Validator dan Operator. Selain itu Penyampaian laporan keuangan satker Universitas Tanjungpura sudah taat dalam hal tepat waktu penyampaian laporan keuangan.

Kata kunci: Sistem Akuntansi Instansi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]