ANALISIS SISTEM PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK-ELEKTRONIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MEMPAWAH

Anggi Nastiti B51112006

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan bukti empiris mengenai sistem pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk-elektronik khususnya pada instansi yang menerbitkannya yang mengacu pada sistem pengendalian internal pemerintah dan prinsip penyelenggaraan pelayanan publik yang memiliki pengaruh terhadap sistem pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk-elektronik.

Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah data primer, populasi yang digunakan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah sebanyak 40 orang dan data sekunder mengumpulkan informasi yang diperoleh dari buku, skripsi, serta jurnal yang berkaitan dengan sistem pembuatan KTP-el. Metode yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan analisis struktur organisisi,  flowchart dan kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukkan Tingkat penerapan pada sistem pengendalian internal pemerintah dengan persentase 99,4% dan pada prinsip penyelenggaraan pelayanan publik dengan persentase 92,7%, maka berdasarkan kriteria penilaian kuesioner Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah berjalan dengan sangat efektif atau mempunyai pengendalian internal dan pelayanan publik yang sangat memuaskan. Namun masih terdapat beberapa kendala seperti prosedur pembuatan KTP-el masih berbelit-belit, tempat dan lokasi serta fasilitas pendukung belum memadai, waktu pengambilan KTP belum akurat, sering mengalami ketidaksesuaian data/dokumen, dan tidak menunjukan arahan pembuatan KTP-el yang spesifik serta tidak menggunakan flowchart.

 

Kata Kunci : Kartu Tanda Penduduk-elektronik, sistem pengendalian internal pemerintah, prinsip penyelenggaraan pelayanan publik.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]