ANALISIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN ALOKASI DANA DESA (ADD) TAHUN 2015 (Studi Kasus di Desa Pendawan Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas)

Nia Yulindri B51112041

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang penyusunan laporan keuangan ADD di Desa Pendawan  Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriftif kualitatif, sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berasal dari Kantor Balai Desa Pendawan Kabupaten Sambas Kecamatan Sambas, analisis yang di gunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumen.

Berdasarkan analisis yang telah di lakukan dapat di simpulkan bahwa Pemerintah Desa Pendawan dalam penyusunan laporan keuangan ADD tahun 2015 sudah mengacu pada Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa telah di terapkan dengan baik. Meskipun penyusunan laporan keuangan ADD sudah mengacu pada Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa, tetapi untuk penyusunan anggaran yang di alokasikan masih belum sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini di buktikan dengan rincian sebagai berikut : Belanja Bidang Penyelanggaraan Pemerintahan Desa menggunakan sebesar 36,78% dari anggaran dana desa Pendawan.Belanja Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa menggunakan 32,7% dari anggaran dana desa Pendawan.Belanja Bidang Pembinaan kemasyarakatan menggunakan 15,06% dari anggaran desa Pendawan.Belanja Bidang Pemberdayaan Masyarakat menggunakan 13,97% dari anggaran desa Pendawan.Belanja Bidang Tak Terduga menggunakan 0,86% dari anggaran dana desa Pendawan.

Kata kunci : Laporan keuangan, Alokasi Dana Desa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]