ANALISIS PELAPORAN AKUNTANSI BLUD RUMAH SAKIT PEMERINTAHAN PADA RSUD KABUPATEN SANGGAU

SHELA APRILIA B51112121

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan Peraturan  Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sanggau, mengetahui perbedaan antara Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 dengan Pemendagri No. 61 Tahun 2007 dan faktor-faktor penghambat atau kendala yang dihadapi oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sanggau dalam menerapkan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010.

Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, riset kepustakaan, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu membandingkan antara teori maupun peraturan-peraturan dengan kondisi dan kenyataan dilapangan untuk kemudian dikaji dan dianalisis serta diambil kesimpulannya. Dalam metode ini analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif yaitu membandingkan penyajian laporan keuangan yang telah disusun dengan standar akuntansi pemerintah yang telah ditetapkan pemerintah dalam Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 sebagai pedoman dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah.

Saran dalam penelitian ini adalah (1). Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sanggau harus menerapkan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah sebagai acuan dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah secara lengkap dan lebih optimal. (2). Mempelajari literatur-literatur pembantu dalam penerapan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah dan Pemendagri Nomor 61 Tahun 2007. (3). Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sanggau harus melakukan penyajian laporan keuangan BLUD dengan baik dan lengkap agar laporan keuangan jelas dan memberikan informasi penuh demi tercapainya akuntabilitas dan transparansi kepada publik.

 

Kata kunci : Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010, Pemendagri Nomor 61 Tahun 2007, Badan Layanan Umum Daerah, penerapan SAP, faktor penghambat atau kendala, metode kualitatif, analisis deskriptif kualitatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]