ANALISIS LAPORAN ARUS KAS UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Muhammad Rezky Meydianto B4112085

Abstract


Laporan keuangan yang disusun secara baik dan akurat sesuai dengan prinsip yang berlaku dapat dijadikan dasar tolak ukur dalam mengukur kinerja keuangan. Untuk itu salah satu laporan keuangan yang dapat dijadikan bahan analisis adalah laporan arus kas. Setiap perusahaan memerlukan kas untuk menjalankan kegiatan operasi, melunasi kewajiban dan membagikan deviden kepada para pemegang saham. Karena laba bersih yang dilaporkan pada laporan laba-rugi dinilai belum mampu untuk menjamin kondisi perusahaan memiliki kas yang tersedia dengan cukup. Dengan menganalisis laporan keuangan maka para pemakai keuangan dapat mengetahui arus kas masuk dan keluar untuk waktu yang akan datang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan PT Astra International Tbk, PT United Tractors Tbk, PT Astra Otoparts Tbk, PT Indomobil Multi Jasa Tbk, PT Tunas Ridean Tbk, PT Indospring Tbk, dan PT Selamat Sempurna Tbk berdasarkan Laporan Arus Kas dengan menganalisisnya menggunakan analisis horizontal, analisis vertikal dan analisis rasio arus kas. Hasil dari analisis dapat digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja perusahaan dari tahun 2014 hingga 2015.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa analisis laporan arus kas ini secara keseluruhan dinilai sudah baik karena hampir seluruh perusahaan mampu menghasilkan nilai diatas standar ketentuan terutama pada akhir tahun penelitian, tetapi pada PT Indomobil Multi Jasa dibeberapa rasio mengalami nilai negatif sehingga perusahaan tidak mampu menghasilkan nilai diatas standar.

 

Kata Kunci : Laporan Arus Kas, Rasio Arus Kas, Kinerja Keuangan, Perusahaan Otomotif dan Komponen

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]