Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Belanja Modal Dengan PAD dan DAU sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Administratif Se-Kalimantan)

Mutia Intan Primadewi B41112156 admin

Abstract


Pertumbuhan ekonomi diduga tidak serta merta meningkatkan alokasi belanja modal karena adanya faktor-faktor kontijensi yaitu PAD dan DAU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap belanja modal dengan PAD dan DAU sebagai variabel intervening pada kota administratif yang ada di Pulau Kalimantan. Penelitian ini mencakup sembilan kota di Pulau Kalimantan dengan menggunakan penelitian kuantitatif yang mana data dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yang diperoleh melalui situs resmi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dan Badan Pusat Statistik yang berupa studi dokumentasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap belanja modal; pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja modal melalui PAD; dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap belanja modal melalui DAU.

Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, PDRB, PAD, DAU, Belanja Modal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.