ANALISIS PENERAPAN PSAP 07 TENTANG AKUNTANSI ASET TETAP PADA KANTOR KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

HOTIYEH B51112040

Abstract


Aset tetap merupakan bagian utama aset pemerintah dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyajian neraca. Dalam pencatatan aset tetap terdapat metode penyusutan yang merupakan alat untuk mendapatkan penyajian yang wajar atau nilai terkini aset tersebut yang tercantum di dalam neraca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan perlakuan akuntansi aset tetap dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan belum diterapkannya perlakuan akuntansi aset tetap.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan teknik studi kepustakaan,studi lapangan berupa wawancara. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan PSAP NO.07 tahun 2010 dan Bultek 05. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akuntansi penyusutan dan semua terdapat pada PSAP No. 07 pada Kantor Kecamatan Pontianak Selatan.

 

Hasil penelitian ini yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan perlakuan akuntansi aset tetap pada Kantor Kecamatan Pontianak Selatan belum sepenuhnya menerapkan berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 71, namun telah melaksanakan proses pengklasifikasian, pengakuan, pencatatan, sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 07 dari Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010, akan tetapi belum dicantumkan nilai akumulasi penyusutan, sehingga nilai yang tercatat di neraca dan laporan inventaris hanyalah nilai pertama aset yang diperoleh.

 

Kata kunci :  Aset tetap, Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah 07, Metode Penyusutan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]