Analisis Penerapan SAP No.7 Aset Tetap Terhadap Kendaraan Pada Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat

HAFIZH RAYHAN PRADIPTA B51109089

Abstract


Bangsa Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia memiliki kewajiban untuk secara terus-menerus berpartisipasi dalam mewujudkan Pemerintahan yang baik (good governance). Pemerintahan yang baik ditandai dengan adanya dua elemen yaitu transparansi dan akuntabilitas, Penyusunan laporan keuangan yang berpedoman pada standar akuntansi pemerintah sesungguhnya adalah dalam rangka peningkatan kualitas laporan keuangan, sehingga laporan keuangan yang dimaksud dapat meningkatkan kredibilitasnya dan pada gilirannya akan dapat mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Sehingga, good governance dapat tercapai.

Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 tanggal 13 Juni 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (PP SAP). Dinas Kehutanan  yang bersifat nirlaba pengelolaan aset nya harus mengikuti Standar Akutansi Pemerintahan, dalam hal aktiva tetap ini telah diatur dalam Standar Akutansi Pemerintahan No. 07 tentang Akutansi Aktiva tetap.Dengan demikian Perlakuan terhadap aset ini dapat dijadikan acuan untuk mengetahui bagaimana Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat melindungi aset tetap berupa kendaraan yang mereka miliki.

Dari penjabaran tersebut maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Dinas Kehutanan sudah menerapkan SAP no. 07 pada kendaraan yang dimiliki?

Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penulis membatasi permasalah pada kendaraan yang dimiliki oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi kepustakaan.

Dari hasil penelitian dan pembahasan mengenai penerapan standar akuntansi pemerintah no.07 pada Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan barat penerapan standar akuntansi pemerintah No.07 dan bultek No.09 tidak ada yang menyimpang.Namun dalam penerapannya masih perlu disesuaikan terutama dalam penghapusan asset.

Kata kunci : Aset tetap, Pemerintahan, Standart Akuntansi,  Penerapan, kendaraan, nilai aset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.