Analisis Penentuan Harga Jual Rumah Tipe 36 Pada Perumahan Griya Mayor PT. Erminta Mandiri Pontianak

Waode Henny Oktavia B1035131012

Abstract


Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menghitung besarnya harga jual perumahan Griya Mayor pada PT Erminta Mandiri Pontianak, serta mengetahui sejauh mana kemampuan PT Erminta Mandiri Pontianak bergerak di bidang perumahan, yaitu sebagai pengembang yang mengadakan dan menjual rumah, baik dengan sistem kredit melalui KPR maupun tunai, dan menjalankan usahanya dalam bidang pembangunan yang meliputi bidang arsitektur, perencanaan dan pelaksanaan berbagai bangunan antara lain gedung-gedung, hotel, Rumah RSH dan real estate.

Penelitian dilaksanakan pada PT Erminta Mandiri Pontianak pada tahun 2014 dan secara keseluruhan, untuk mengetahui dan menghitung besarnya harga jual perumahan Griya Mayor  tipe 36 pada PT Erminta Mandiri Pontianak.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dimana peneliti bertujuan mengetahui perhitungan harga jual rumah dengan menggunakan pendekatan metode variable costing di perusahaan yang diteliti membandingkan hasil perhitungan menurut teori pada penelitian yang didapat dan perhitungan yang diterapkan perusahaan itu sendiri. Dari perbandingan tersebut dapat diketahui apakah terdapat selisih harga yang signifikan antara masing-masing metode yang digunakan dalam proses penetapan harga jual rumah. Penulis membatasi permasalahan pada Analisis ketetapan penentuan harga jual pada penelitian ini hanya memfokuskan pada cara perhitungan harga jual.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi kepustakaan.

Jadi dari hasil penelitian penulis mengambil kesimpulan dengan harga jual menggunakan variable costing lebih besar dibanding dengan perhitungan harga jual rumah yang dihitung oleh perusahaan. Terdapat perbedaan dikarenakan selama ini perusahaan tidak memasukkan biaya overhead dalam menentukan harga jual rumah. Ini sering kali yang menyebabkan perusahaan-perusahaan banyak bangkrut karena kurangnya ketelitian dalam menghitung harga pokok produksi/pembangunan.

 

Kata Kunci : Harga Jual Rumah, PT Erminta Mandiri Pontianak, Variable Costing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.