ANALISIS PENERAPAN PSAP 02 TENTANG LAPORAN REALISASI ANGGARAN PADA DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Restu Wahyuni B51112078

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Penerapan PSAP 02 Tentang Laporan Realisasi Anggaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu membandingkan antara teori maupun peraturan-peraturan dengan kondisi serta kenyataan untuk kemudian dianalisis dan diambil kesimpulannya. Dalam metode ini analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu untuk mengetahui penerapan PSAP 02 khusus Satuan Kerja 07 Dana Dekonsentrasi (APBN) tahun 2014-2015 di Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil.

Dari analisis dan pembahasan yang dilakukan, maka didapatkan hasil sebagai berikut : pada Indikator Anggaran beberapa sudah diterapkan dan ada beberapa item yang tidak diterapkan. Pada Indikator Akuntansi Pendapatan semua item tidak diterapkan karena tidak adanya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pada Indikator Akuntansi Belanja beberapa sudah diterapkan karena transaksi berdasarkan item yang ada pada PSAP dan ada beberapa item tidak diterapakan. Pada Indikator Akuntansi Surplus/Defisit dan Pembiayaan beberapa sudah diterapakan karena transasksi penerimaan, pengeluaran sudah sesuai dengan penerapan PSAP dan beberapa item tidak diterapkan. Sumber daya manusia pada Dinas Pertanian yang masih kurang dalam hal jumlah yang menguasai bagian akuntansi, maupun pada latar belakang pendidikan ekonomi akuntansi/sarjana akuntansi. Keahlian yang belum memadai sehingga memerlukan sosialisasi, bimbingan teknis dan pelatihan-pelatihan Penerapan PSAP 02. Software atau sistem terkait penyajian laporan harus disesuaikan untuk menghasilkan perbandingan yang setara antara format anggaran (akrual) dan format laporan keuangan (akrual).

Kata kunci : PSAP Nomor 02, Analisis deskriptif kualitatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.