RANCANGAN PENERAPAN SAK ETAP PADA USAHA TERPAL PUTRA TUNGGAL

DEWI MASITA B51112107

Abstract


Usaha Terpal Putra Tunggal merupakan Usaha Kecil dan Menengah yang menjual Terpal. Laporan  Keuangan yang dicatat oleh Usaha Terpal  sangat sederhana yaitu Penerimaan dan Pengeluaran Kas serta laporan laba rugi yang tidak rutin dibuat setiap bulannya. Pemilik Usaha Terpal masih belum menerapkan SAK ETAP.

Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui penerapan SAK ETAP pada Usaha Terpal dan kendala yang membuat usaha terpal tidak bisa menyusun laporan keuangan. Berdasarkan permasalahan yang ada, Peneliti Merancangkan Laporan Keuangan berupa Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan perubahan modaldan Laporan Arus Kas. Hal ini untuk membantu pelaku bisnis dalam memahami penyajian laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) khususnya pengelola Usaha Terpal Putra Tunggal.

 

Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan  metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif berfokus pada penjelasan sistemasis tentang fakta yang diperoleh saat penelitian dilakukan. Yaitu menganalisis data yang ada dan melakukan wawancara dengan Pemilik Usaha Terpal untuk mendapatkan informasi yang baik dan benar.

 

Kata Kunci : SAK ETAP, Penyusunan Laporan Keuangan, UKM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.