ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP AUDIT JUDGMENT (STUDI KASUS PADA PEMERIKSA BPK PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT)

GABRIELLA SIMARMATA B51112020

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman audit, keahlian audit, pemahaman kode etik, kompleksitas tugas, tekanan ketaatan dan tekanan anggaran waktu terhadap audit judgment pada pemeriksa BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pemeriksa yang telah mempunyai sertifikat Jabatan Fungsional Pemeriksa (JFP) dan telah memiliki pengalaman sebagai pemeriksa di BPK minimal 2 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 57 responden. Metode pengambilan data primer yang digunakan adalah metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman audit dan keahlian audit berpengaruh positif signifikan terhadap audit judgment, kompleksitas tugas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap audit judgment. Tekanan ketaatan dan tekanan anggaran waktu berpengaruh negatif signifikan terhadap audit judgment, pemahaman kode etik berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap audit judgment.

Kata kunci : Pengalaman Audit, Keahlian Audit, Pemahaman Kode Etik, Kompleksitas Tugas, Tekanan Ketaatan, Tekanan Anggaran Waktu, Audit Judgment.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.