ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA MINI MARKET HAPPY MART

Rio Saputra B51111007

Abstract


Struktur pengendalian intern adalah kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh manajemen guna memperoleh kayakinan yang lebih memadai atas tercapainya tujuan perusahaan. Pengendalian intern merupakan fungsi yang melekat pada setiap aktivitas manajemen, hal ini dikarenakan manajemen memiliki tanggung jawab  atas beban yang berikutnya.

Demikian pula dengan Mini Market Happy Mart yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang dagang dan jasa, pengendalian intern sangat diperlukan karena salaku perusahaan dagang dan jasa pihak manajemen memiliki tanggung jawab kepada pemilik perusahaan menyangkut tentang keadaan perusahaan yang terjadi. Sehubungan dengan operasional Mini Market Happy Mart yang bergerak dibidang dagang dan jasa, peranan dari keberhasilan aktivitas penjualannya serta pengawasa aktivitas penerimaan kas dan pengeluaran kas sangat berpengaruh pada pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan. Untuk itulah penulis memilih analisi sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas  di dalam skripsi ini.

Penelitian skripsi ini dilakukan secara studi kasus dengan objek tunggal yaitu Mini Market Happy Mart Pontianak. Adapun alat analisis yang penulis gunakan adalah internal control quesioner, analisis flowchart, dan complience test.

Dengan melihat hasil penelitian bahwa prosedur penerimaan dan pengeluaran kas pada Mini Market Happy Mart Pontianak hanya dilakukan dengan mencatat semua pengeluaran dalam satu buku yang telah dicatat dengan penerimaan kas, belum sesuai dengan apa yang distandarkan dalam prosedur pencatatan kas karena tidak memiliki bagian accounting dan keuangan yang saling berkaitan. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi prosedur penerimaan dan pengeluaran kas pada Mini Market Happy Mart Pontianak. Rangkap jabatan yang terjadi antara fungsi pencatatan dan penyimpanan kas di Mini market Happy Mart dapat mengakibatkan pengendalian intern yang sangat minim dan tidak adanya bagian pembelian dapat mengakibatkan bagian lain dapat melakukan pembelian, Hal ini rentan terhadap penggelapan dana.

 

Kata Kunci: Sistem, Prosedur Penerimaan, Pengeluaran Kas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.