ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN KREDIT, PIUTANG DAGANG, DAN PENERIMAAN KAS PADA PT. JUMBO POWER INTERNASIONAL CABANG PONTIANAK.

MASNAH B51109064

Abstract


Pada umumnya semua perusahaan yang didirikan baik itu perusahaan jasa maupun perusahaan dagang memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai laba yang semaksimal mungkin. Bagi perusahaan dagang salah satu cara untuk mencapai laba yaitu dengan cara melakukan penjualan. Penjualan bisa dilakukan secara tunai dan kredit. Tapi penjualan kredit lebih merangsang konsumen untuk membeli. Namun semakin besar penjualan kredit maka semakin besar pula modal yang tertanam dalam piutang. Oleh karena itu perlu adanya pengendalian intern untuk mencegah piutang tak tertagih, mengurangi jumlah piutang dan menjaga harta dari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Pengendalian Intern adalah rencana organisasi dan metode yang digunakan untuk menjaga atau melindungi aktiva, menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya, memperbaiki efisiensi, dan untuk mendorong ditaatinya kebijakan manajemen.

Dari pembahasan diatas penulis meneliti tentang Analisis Sistem Pengendalian Intern Penjualan Kredit, Piutang Dagang, Dan Penerimaan Kas Pada PT. Jumbo Power Internasional Cabang Pontianak. Dalam mengevaluasi penetlitian ini, penulis melakukan penelitian melalui alat analisis berupa alat flowchart, internal control questioner, compliance test, dan substantive test.

Berdasarkan  hasil penelitian dan pengamatan yang sudah dilakukan pada PT. Jumbo Power Internasional Cabang Pontianak, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern pada penjualan kredit, piutang dagang dan penerimaan kas perusahaan sudah cukup baik dan memadai serta berjalan dengan efektif.

Kata Kunci : Penjualan Kredit, SPI, Piutang Dagang dan Penerimaan Kas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.