PENERAPAN SAK ETAP SEBAGAI BAGIAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA KOPERASI MITRA DUTA PONTIANAK UNTUK TAHUN 2014)

DINI SAVITRI B51112014

Abstract


Penelitian ini berjudul “Penerapan SAK ETAP Sebagai Bagian Pengendalian Internal Dalam Penyajian Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Koperasi Mitra Duta Pontianak Tahun 2014)”. Koperasi Mitra Duta merupakan koperasi simpan pinjam yang harus menyajikan laporan keuangan sesuai dengan SAK ETAP dan menerapkan SAK ETAP sebagai bagian pengendalian internal dalam penyajian laporan keuangan.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penyajian laporan keuangan Koperasi Mitra Duta Pontianak berdasarkan SAK ETAP dan untuk mengetahui peranan penerapan SAK ETAP dalam pengendalian internal penyajian laporan keuangan di Koperasi Mitra Duta . Bentuk penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan menggunakan alat analisis yaitu SAK ETAP serta kuesioner pengendalian internal berupa Internal Control Questionaire.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Koperasi Mitra Duta belum sepenuhnya menerapkan SAK ETAP dalam penyajian laporan keuangan. Hal ini terlihat dari tidak adanya laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan. Peranan penerapan SAK ETAP dalam pengendalian internal Koperasi Mitra Duta belumsepenuhnya menerapkan SAK ETAP sebagai alat untuk membantu pengendalian internal secara keseluruhan sesuai dengan kelima elemen pengendalian internal koperasi dalam penyajian laporan keuangannya. Secara umum pengendalian internal terhadap penyajian laporan keuangan Koperasi Mitra Duta sudah berjalan cukup efektif.

 

Kata kunci :  SAK ETAP, Pengendalian Internal, Laporan Keuangan, Koperasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.