ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BIAYA PADA PUSAT KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (PKP-RI) KALIMANTAN BARAT

AFIF BIAN HENNANDA B51111178

Abstract


Pusat koperasi pegawai republik Indonesia (PKP-RI) Kalimantan barat adalah koperasi yang didirikan oleh pegawai negeri serta dikelola untuk kepentingan pegawai negeri yang meliputi pegawai negeri sipil, pegawai negri pemerintahan daerah dan pegawai badan usaha milik negara. Sistem penyusunan anggaran yang efektif dan efisien dibutuhkan oleh koperasi agar pelaksanaan anggaran tidak menyimpang dari arah dan tujuan yang telah ditetapkan. Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI) sudah menetapkan suatu anggaran dalam menjalankan kegiatan operasional koperasi. Namun dalam pelaksanaannya, anggaran yang merupakan pedoman untuk menjalankan kegiatan koperasi masih ada yang belum dapat di realisasikan atau terjadi selisih.

 

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimanakah sistem pengendalian intern yang diterapkan Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI) Kalimantan barat dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Biaya koperasi serta faktor- faktor apa yang menyebabkan terjadinya penyimpangan antara anggaran pendapatan dan anggaran biaya koperasi. Adapun analisis data yang digunakan untuk menganalisis sistem pengendalian internal atas penyusunan anggaran pendapatan dan biaya koperasi meliputi Evaluasi job description (pedoman kerja), analisis flowchart, dan analisis Internal Control Questioner (ICQ).

 

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sistem Pengendalian Intern atas penyusunan Anggaran pendapatan dan biaya koperasi pada PKP-RI Kalimantan barat belum dilaksanakan dengan efektif, serta faktor faktor penyebab penyimpangan antara anggaran dan realisasi terdiri dari faktor internal yaitu sistem pengendalian biaya yang kurang diperhitungkan dengan baik, rendahnya kebijakan koperasi terhadap penyusunan anggaran, masih terjadinya rangkap jabatan, dan belum memiliki tim khusus yang lebih berkompeten dalam penyusunan anggaran serta faktor eksternal yang meliputi bunga pinjaman yang meningkat, tingkat kenaikan harga, kebijakan pemerintah dan perkembangan ekonomi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.