ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP BERDASARKAN PSAK NOMOR 16 PADA PT. PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO) CABANG PONTIANAK

Syarifah Rahmawati B51111112

Abstract


PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) cabang Pontianak adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa kepelabuhan. Aktiva tetap adalah salah satu bagian utama dari kekayaan perusahaan yang berjumlah besar dan mengalami penyusutan dalam satu periode akuntansi (accounting period). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perlakuan akuntansi aktiva tetap yang telah digunakan oleh PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) cabang Pontianak telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.16 Tahun 2011. Dalam penelitian yang dilakukan, penulis menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah menyimpulkan, menafsirkan dan mengklarifikasi data sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Setelah melakukan penelitian, penulis memperoleh hasil penelitian dengan satu kesimpulan bahwa PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan, telah menerapkan Standar Akuntansi Keuangan terhadap aktiva tetap yang dimiliki oleh perusahaan antara lain: penggolongan dan cara perolehan aktiva tetap, metode perhitungan penyusutan aktiva tetap, pengeluaran selama masa penggunaan aktiva tetap, penghentian dan pelepasan aktiva tetap, serta penyajian aktiva tetap dalam laporan keuangan.

 

Kata kunci : Aktiva tetap, perolehan aktiva tetap, pengeluaran setelah perolehan mmmmmma  aktiva tetap, penyusutan aktiva tetap, laporan keuangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.