ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PERSERO) XIII PONTIANAK

SULAIMAN RATULALY PUTRA B51111065

Abstract


Penelitian ini untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi pada PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak seperti keterlibatan pengguna pengembangan SI, formalisasi pengembangan SI, ukuran organisasi, dukungan manajemen puncak, kemampuan teknik personal, lokasi departemen pengendali SI, komite pengendali SI, dan program pelatihan dan pendidikan pemakai.

Penelitian ini melibatkan 44 responden yang ada di bagian akuntansi dan di bagian keuangan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung ke objek penelitian. Analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji T, dan uji F dengan menggunakan software spss 21.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari delapan faktor yang tidak mempengaruhi atau tidak signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi yaitu, keterlibatan pengguna pengembangan SI, formalisasi pengembangan SI, ukuran organisasi, dukungan manajemen puncak, kemampuan teknik personal, lokasi departemen pengendali SI, komite pengendali SI, dan program pelatihan  dan pendidikan.

 

Kata Kunci: Faktor, Kinerja, Sistem, Informasi, Akuntansi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.