ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA PERSEDIAAN BARANG DAGANG MINIMARKET HAPPYMART DI KOTA PONTIANAK

Gema Khatulistiwa B51111132

Abstract


Minimarket merupakan salah satu bentuk pasar modern (pasar swalayan) dengan menggunakan konsep Store Environment, yaitu pengembangan konsep place yang terfokus pada penjualan retail (eceran) dan langsung ke konsumen akhir (pemakai). Secara umum minimarket dapat dikatakan sebagai perusahaan dagang yang kegiatan usahanya melakukan pembelian barang dagang atau persediaan dari pemasok lalu dijual kembali kepada konsumen tanpa mengubah bentuk aslinya. Persediaan merupakan aset penentu dalam perusahaan dagang karena modal yang tertanam dalam persediaan seringkali merupakan yang paling besar dalam aktiva perusahaan. Maka perlu adanya pengendalian intern yang efektif dan efisien untuk menjaga persediaan dari hal-hal yang dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai bagaimana aplikasi sistem pengendalian intern pada persediaan dagang yang diterapkan perusahaan, Kedua, untuk mengetahui efektif atau tidaknya pengendalian intern pada perusahaan dan Ketiga, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persediaaan barang dagang perusahaan.

Dalam penelitian ini untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis menggunakan teknik atau alat pengumpul data berupa observasi, interview, dokumentasi, studi kearsipan, dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Struktur Organisasi, Analisis Internal Control Questionnaire (ICQ), Analisis Flowchart dan Analisis Compliance Test atau Uji Kepatuhan.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern  persediaan barang dagang pada Minimarket Happymart sudah cukup efektif. Hal ini berdasarkan hasil dari analisis menggunakan Struktur Organisasi, Internal Control Questionnaire (ICQ) dengan persentase sebesar 89%, Flowchart dan Compliance test dengan persentase sebesar 97% serta dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi persediaan barang dagang perusahaan.

 

Kata kunci : Sistem Pengendalian Internal, Persediaan, Analisis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.