IMPLEMENTASI SAK ETAP DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TOKO SOUVENIR KHAS DAERAH ABIDSYAH

Rio Indirianto Zulharmansyah B41112149 admin

Abstract


Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) merupakan standar akuntansi keuangan yang ditetapkan untuk kemudahan penyusunan dan penyajian laporan keuangan bagi UMKM. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat memberikan kemudahan dalam bantuan penyaluran kredit bagi lembaga kreditor kepada UMKM. Penelitian ini dirancang untuk menghasilkan suatu format laporan keuangan sederhana berbasis SAK ETAP bagi UMKM. Objek penelitian ini adalah UMKM Toko Souvenir Khas Daerah Abidsyah yang berlokasi di Kota Pontianak yang bergerak di bidang penjualan barang kerajinan khas daerah Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian antara laporan keuangan yang dimiliki oleh UMKM dengan laporan keuangan SAK ETAP.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa laporan keuangan UMKM Toko Souvenir Khas Daerah Abidsyah belum menerapkan SAK ETAP. Hal ini dikarenakan UMKM hanya menyediakan laporan laba rugi yang  sederhana dalam laporan keuangannya. Faktor yang menyebabkan SAK ETAP belum diterapkan dalam penyajian laporan keuangan adalah kurangnya pemahaman akuntansi dari pemilik dan karyawan serta kurangnya partisipasi dari pemerintah untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap UMKM mengenai SAK ETAP.

 

Kata kunci: UMKM, SAK ETAP, Laporan keuangan

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.