ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS DAN UTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN SUBSEKTOR HOTEL, RESTORAN DAN PARIWISATA GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2014

NORA CHAIRUNNISA B41111100 admin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh likuiditas dan utang terhadap profitabilitas pada perusahaan subsektor hotel, restoran dan pariwisata go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis rasio keuangan, variabel likuiditas diwakili oleh rasio Current Ratio, dan variabel utang diwakili oleh Debt Ratio. Hipotesis yang dikemukakan adalah ada pengaruh profitabilitas yang diwakili oleh Current Ratio dan utang yang diwakili oleh Debt Ratio terhadap profitabilitas yang diwakili oleh Return on Investment pada perusahaan subsektor hotel, restoran dan pariwisata go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014.

Penelitan ini merupakan penelitian asosiatif yang berbentuk kausal, yang mencari hubungan/pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan SPSS v16.0 dari data kuantitatif berupa laporan keuangan perusahaan subsektor hotel, restoran dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Hasil uji-F menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu Current Ratio dan Debt Ratio berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu Return on Investment. Hal ini dapat dilihat dari hasil SPSS yang menunjukkan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari alpha (0,004<0,05). Artinya likuiditas dan utang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas secara bersama-sama.

Hasil uji statistik-t menunjukkan bahwa likuiditas yang diwakili oleh Current Ratio mempunyai pengaruh signifikan terhadap profitabilitas yang diwakili oleh Return on Investment, tingkat signifikansinya lebih kecil dari alpha yaitu (0,004<0,05). Sedangkan utang yang diwakili oleh Debt Ratio memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas yang diwakili Return on Investment, tingkat signifikansinya lebih besar dari alpha yaitu (0,686>0,05).

 

Kata Kunci: Current Ratio (CR), Debt Ratio (DR), dan Return on Investment (ROI).

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.