ANALISIS PENERAPAN SAK ETAP DALAM LAPORAN KEUANGAN PADA UKM CV.WALIRAH

Alvi Cornila Yudia Merennu B51112098

Abstract


Skripsi ini berjudul “ Analisis Penerapan SAK ETAP dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada Usaha Kecil Menengah (UKM)  CV. Walirah “ yang bertujuan untuk mengetahui penyusunan laporan keuangan UKM CV.Walirah yang sesuai dengan SAK ETAP serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam penerapan SAK ETAP pada ukm tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Mengumpulkan data dengan beberapa cara yaitu wawancara langsung dengan pihak yang berkaitan atau pengurus yang berwenang, studi dokumentasi, dan penelitian kepustakaan. Menggunakan dua alat analisis yaitu SAK ETAP dan daftar pertanyaan wawancara. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan menganalisa bagaimana penerapan standar pelaporan keuangan pada UKM dilaksanakan, serta apakah UKM CV. Walirah sudah menerapkannya atau belum,kemudian membandingkan unsur-unsur laporan keuangan menurut SAK ETAP, kemudian menganalisis faktor-faktor apa saja yang menghambat penerapan SAK ETAP pada UKM tersebut.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa UKM ini belum menerapkan penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK ETAP, dan yang menjadi kendala tidak diterapkannya SAK ETAP pada UKM ini ialah tidak ada keharusan dari pemerintah untuk UKM menggunakan SAK ETAP dan  kurangnya informasi, sarana dan waktu bagi pengurus UKM tersebut.

 

Kata kunci : Laporan keuangan, SAK ETAP, UKM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.