ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP REALISASI ANGGARAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM NASARI KANTOR CABANG PONTIANAK

DICKY MARTHA B51108145

Abstract


KSP Nasari merupakan badan usaha milik bersama yang beranggotakan orang-orang yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Pada pelaksanaan kegiatan perusahaan dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2014, banyak terdapat variance antara realisasi dengan anggarannya, baik yang favourable (menguntungkan) maupun yang unfavourable (merugikan).

Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, studi dokumenter dan studi kepustakaan. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Analisa flowchart atas prosedur penyusunan anggaran, Internal Control Questioner, dan laporan laba rugi yang digunakan untuk menganalisa penyimpangan terhadap realisasi anggaran.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : Mekanisme penyusunan anggaran yang dilakukan perusahaan sudah efektif dan memadai, hal ini dapat dilihat dari prosedur perencanaan dan penyusunan anggaran yang sistematis dan berjenjang dari bawah ke atas (Bottom Up). Dari analisa Internal Contol Questioner, tampak bahwa sistem pengendalian yang diterapkan perusahaan sudah cukup efektif dimana 65 % dari sample yang mengikuti prosedur. Faktor – faktor penyimpangan yang bersifat eksternal adalah tingkat pendapatan masyarakat dan kebijakan pemerintah serta adanya persaingan dengan perusahaan asuransi lainnya. Sedangkan faktor internalnya yaitu dari prosedur pengendalian pendapatan premi dan biaya asuransi, khususnya prosedur penyeleksian permohonan polis baru, dan mekanisme penyusunan anggaran yang sentralisasi.

Saran – saran dari penulis : proses penyusunan anggaran hendaknya lebih di desentralisasikan atau memberikan limpahan wewenang yang lebih besar kepada kantor cabang dalam menentukan jumlah anggaran, dan juga sebaiknya anggaran  disusun dalam jangka waktu yang pendek, seperti per semester atau per triwulan, karena jika terjadi penyimpangan maka akan dengan cepat diambil tindakan koreksi atau perbaikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.