ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014)

ZHELLIKA BUCA KAMARIAH B51112111

Abstract


Laporan keuangan dapat bermanfaat dan relevan bagi pengguna apabila laporan keuangan disampaikan dengan tepat waktu. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan adalah lamanya waktu audit yang dilakukan oleh auditor atau audit delay. Audit delay merupakan jangka waktu antara tanggal periode laporan keuangan berakhir sampai dengan tanggal laporan auditor diterbitkan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay, dengan menggunakan empat variabel independen yaitu: ukuran perusahaan, solvabilitas, ukuran KAP dan Opini auditor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan auditan dan laporan auditor independen, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014 dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 70 data sampel yang terdiri dari 14 perusahaan dengan periode 5 tahun. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan 4 uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan, solvabilitas dan opini auditor berpengaruh signifikan terhadap audit delay, sedangkan variabel ukuran KAP tidak berpengaruh terhadap audit delay. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan audit delay.

Kata Kunci : Audit Delay, Ukuran perusahaan, Solvabilitas, Ukuran KAP, Opini Auditor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.