ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PROSES BONGKAR MUAT CONTAINER PADA PT. PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO) CABANG PONTIANAK

NURUL NADIYA B41112142 admin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengendalian internal proses bongkar muat container telah diterapkan dengan efektif atau belum. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi dan wawancara, sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu struktur organisasi, flowchart, internal control quesioner, dan compliance test agar terarah sesuai dengan teori-teori yang digunakan oleh para ahli akuntansi.

Hasil analisis secara keseluruhan pada PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) cabang Pontianak memiliki prosedur yang telah disusun dengan baik, potensi untuk melakukan kelalaian ataupun kecurangan tidak ada, dikarenakan proses bongkar muat container memiliki pengawasan tersendiri melalui control tower. Yang menjadi isi dari materi ini merupakan kumpulan dari data-data dan analisis dari hasil penelitian. Struktur organisasi, flowchart, dan dokumen yang berhubungan dengan proses bongkar muat container yang mendukung penelitian.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengendalian internal proses bongkar muat container PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) cabang Pontianak sudah efektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif yaitu penelitian lapangan melalui hasil observasi dan wawancara.

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, Proses Bongkar Muat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.