ANALISIS PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Di Index LQ45 Dari Tahun 2012-2014)

SAHID PERMANA B41111111 admin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik Good Corporate Governance (GCG) terhadap Profitabilitas dari perusahaan di Indeks LQ45. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dimana perusahaan-perusahaan tersebut telah menerbitkan laporan tahunan pada tahun 2012 hingga 2014. Faktor-faktor karakteristik Good Corporate Governance yang digunakan antara lain adalah Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Direksi, Ukuran Komite Audit, Kepemilikan Saham Institusional dan Kepemilikan Saham Manajerial, sedangkan Profitabilitas diukur dengan Return On Equity (ROE).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Komite Audit dan Kepemilikan Saham Institusional berpengaruh positif terhadap Profitabilitas perusahaan, sedangkan Ukuran Dewan Direksi dan Kepemilikan Saham Manajerial tidak berpengaruh positif terhadap Profitabilitas perusahaan-perusahaan non-keuangan di Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kata kunci: Good Corporate Governance (GCG), Profitabilitas Perusahaan, Return On Equity, Indeks LQ45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.