Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasi

NOVITA SARI B41112145 admin

Abstract


Kecerdasan Emosional merupakan kecerdasan dimiliki seseorang dalam mengukur kemampuan-kemampuan yang dimilikinya terhadap sesuatu yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2012-2013 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 responden mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Pengantar Akuntansi I dan II, Akuntansi Keuangan Menengah I dan II, Auditing I dan II, Akuntansi Keuangan Lanjutan I dan II, Teori Akuntansi dan Akuntansi Perilaku. Metode pemilihan sampelnya adalah metode purposive sampling dan analisisnya adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosional memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap tingkat pemahaman akuntansi; (2) perilaku belajar tidak memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi; (3) tidak terdapat interaksi kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi; (4) terdapat interaksi perilaku belajar dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi tetapi tidak memiliki pengaruh signifikan; (5) terdapat pengaruh secara simultan antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar  terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Kepercayaan Diri, dan Tingkat Pemahaman Akuntansi

 

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.