Analisis Pengaruh Peristiwa Reshuffle Kabinet Jokowi-JK 12 Agustus 2015 Terhadap Abnormal Return Dan Trading Volume Activity (Study Pada Saham LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia)

Syarizal B41112110 B41112110 admin

Abstract


Penelitian Event Study ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal di Indonesia atas peristiwa Reshuffle Kabinet Kerja Jokowi-JK 12 agustus 2015. Penelitian ini menggunakan indikator abnormal return dan trading volume activity pada seluruh saham yang termasuk dalam Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian terdiri 11 hari periode peristiwa. Alat statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t, wilcoxon signed rank test. Hasil perhitungan uji t wilcoxon signed rank test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara average abnormal return sebelum dan sesudah peristiwa, artinya pasar masih belum menganggap peristiwa ini sebagai peristiwa yang memiliki kandungan informasi yang baik dalam pengambilan keputusan.

Meskipun pada H+1 menunjukan Average Abnormal Return harian yang signifikan yaitu bergerak kearah positif dari H0 senilai 0,0002 ke H+1 senilai 0,0075. Hasil uji t wilcoxon signed rank test juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara Average Trading Volume Activity pada periode sebelum dan sesudah peristiwa, dengan terdapat Average Trading Volume Activity harian yang signifikan hanya pada H-3. Jadi, Hasil keputusan reshuffle kabinet Jokowi-JK ditanggapi oleh pemegang saham secara tenang dan melakukan wait and see, bagaimana kinerja para menteri yang baru terpilih.

 

Kata Kunci:   Event Study, Abnormal Return, Trading Volume Activity, LQ 45, Reshuffle Kabinet Jokowi-JK 12 Agustus 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.