PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

DENNY FEBRIANSYAH B41110068 admin

Abstract


Salah satu sumber informasi untuk menilai kinerja perusahaan adalah laporan keuangan. Dalam proses penyusunan laporan keuangan terdapat peluang untuk melakukan manajemen laba. Faktor penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas laporan keuangan adalah menyangkut etika dan sikap positif akuntan. Oleh karena itu, dalam pendidikan akuntansi mata kuliah yang bermuatan ajaran moral dan etika harus disampaikan kepada peserta didik. Dengan adanya akuntan yang mempunyai etika dan moral tujuan dari laporan keuangan dapat tercapai, yaitu memberikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan kepada pengguna laporan keuangan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Jurusan Akuntansi sebagai akademisi terhadap etika penyusunan laporan keuangan. Dalam penelitian ini, etika penyusunan laporan keuangan diukur dalam beberapa aspek, yaitu pengungkapan informasi, biaya dan manfaat, tanggung jawab, dan salah saji laporan keuangan.

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada responden yang terpilih. Data diambil dari kuesioner survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Tanjungura. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test dengan program SPSS.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada perbedaan persepsi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan jika dilihat dari etika dalam penyusunan laporan keuangan.

Kata kunci: Persepsi, Etika, Laporan Keuangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.