ANALISIS SISTEM PEMBAYARAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) MELALUI ANGSURAN INDIVIDU PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG PONTIANAK

RIZKY HUTAGAOL B41111134 admin

Abstract


Penggunaan sistem pembayaran yang aman dapat memperkecil resiko dari kegiatan operasional perbankan, khususnya resiko dalam penyaluran kredit. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) cabang Pontianak merupakan salah satu lembaga keuangan perbankan yang fokus pada pembiyaan perumahan menerapkan beberapa sistem pembayaran dalam menjalankan aktivitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sistem pembayaran individu merupakan cara pembayaran angsuran secara tunai bagi debitur yang berpenghasilan tetap dengan cara membayar angsuran setiap bulan langsung kepada pihak bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengevaluasi hambatan, dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari dijalankannya sistem pembayaran KPR melalui angsuran individu pada PT. Bank BTN cabang pontianak.

Penelitian ini menggunakan tipe diskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi, peristiwa atau aktivitas, wawancara atau interview.

Pelaksanaan sistem pembayaran KPR melalui angsuran individu di Bank BTN Cabang Pontianak dikatakan baik karena telah memenuhi unsur-unsur yang terkandung di dalam suatu sistem. Hambatan yang terjadi adalah mutasi debitur ke daerah dan debitur di PHK. Kelebihan dari sistem ini adalah aman,  tidak ada charge, efisien untuk debitur, lebih diprioritaskan, dan menambah relasi  bagi BTN. Belum ditemukan kekurangan pada sistem ini selain hambatan yang muncul dalam proses sistemnya.

Diperlukannya penambahan pasal-pasal dalam MOU antara Bank BTN dengan instansi debitur untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam sistem pembayaran angsuran kolektif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.